Minggu, 04 Oktober 2020

Peranan Penting Nutrisi MPASI untuk Dukung Tumbuh Kembang Optimal Si Kecil* materi Nestle

Assalamualaikum Bunda , selamat siang ..

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan materi tentang “ Peranan Penting Nutrisi MPASI untuk dukung Tumbuh Kembang si kecil 

MPASI singkatan dari Makanan Pendamping ASI 

 MPASI adalah makanan yang di berikan pada si kecil pada usia 6 bulan , tepat saat itulah bunda mulai memberikan si kecil makanan yang bergizi agar terpenuhi nutrisinya

Tujuan untuk melengkapi zat gizi bayi selain ASI dan untuk mendukung Tumbuh Kembang si kecil...“ Bunda. 


Mengapa Nutrisi MPASI itu penting ?

Karena Nutrisi zat gizi yang bunda berikan akan mempengaruhi perkembangan otak si kecil untuk lebih cepat belajar , berpengaruh pada kecerdasan , daya tahan tubuh serta pertumbuhan jaringan massa otot dan tulang si kecil . 

Dengan Pemberian MPASI yang tepat cukup zat gizi dapat melatih si kecil dengan mengeksplor berbagai macam rasa dan tekstur sehingga tercapai tumbuh kembang si kecil secara optimal. 

Oh iya bunda .. apakah ada yang kenal dengan singkatan PMBA ? 

PMBA atau yang dikenal dengan Pemberian Makan Bayi dan Anak , 

Menurut WHO ketika si kecil sudah berusia 6 bulan , ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan si kecil maka di berikanlah MPASI dan bunda tetap menyusui sampai usia si kecil 2 tahun.

Bunda jangan Lupa ASI Ekslusif ya .. dari si kecil baru lahir sampai usia 2 tahun dan dilanjutkan dengan pemberian MPASI nya setelah si kecil usia 6 bulan.


Ketika si kecil mulai usia 6 bulan , kebutuhan nutrisi sudah mulai meningkat , dengan adanya MPASI maka bunda sudah mulai memikirkan beragam variasi makanan untuk si kecil.

Jadi Bunda harus lebih selektif dalam memilih bahan makanan , bukan hanya volume saja tapi nutrisi dan kandungan zat gizi yang terdapat dalam bahan makanan tersebut harus di perhatikan.

Karena mkanan bayi tidak sama dengan orang dewasa , yang harus di perhatikan juga bunda ketika memberikan MPASI si kecil prinsip “ porsi kecil bertahap “ mulai dari 6 sdm sampai 8 sdm , ini di karnakan 20% kapasitas lambung si kecil berbeda dengan orang dewasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar